EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Analisis Perilaku Sosial Ditinjau dari Implementasi Nilai Sosial dan Latar Belakang Kultural Mahasiswa PGSD UNRAM

I Nyoman Karna (Universitas Mataram, Indonesia)
Itsna Karma (Universitas Mataram, Indonesia)
Nurhasanah Nurhasanah (Universitas Mataram, Indonesia)
Lalu Wira Zain Amrullah (Universitas Mataram,Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Budaya yang dianut oleh mahasiswa PGSD UNRAM beragam, perlu adanya integrasi budaya dalam bentuk implementasi nilai-nilai sosial pada perkulihan di kelas untuk menghasilkan perilaku sosial mahasiswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Sosial Ditinjau dari Implementasi Nilai Sosial dan Latar Belakang Kultural Mahasiswa Tingkat Akhir PGSD UNRAM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial mahasiswa PGSD UNRAM beragam, namun sebagian besar berada pada ranah yang positif. Adapun beberapa aspek negatif yang muncul disebabkan perbedaan individu dan pengaruh budaya yang dianut remaja di masa sekarang. Implementasi nilai-nilai sosial sudah berjalan dengan baik selama proses perkuliahan, adapun yang masih perlu diperbaiki adalah kejujuran mahasiswa. Latar belakang kultural mahasiswa dari 9 daerah di Nusa Tenggara Barat cukup beragam akan tetapi tidak signifikan. Dari berbagai indikator hampir semua sama yang membedakan hanya dari bahasa dan kesenian, selebihnya budaya menghormati orang yang lebih tua dan agama yang dianut relatif sama. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai sosial dan latar belakang kultural tidak banyak mempengaruhi perilaku sosial mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...