Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan efektifitas modul pembelajaran berbasis proyek pada labor computer dengan mengembangkan sebuah modul atau buku ajar dengan menggunakan  metode  pengembangan IDI (Instruksional Development Institute) yaitu: define, develop, dan  evaluate. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli media, dosen dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan   mendeskripsikan   kevalidan,   kepraktisan,   keefektifan   dan   kreatifitas   menggunakan modul pembelajaran.  Berdasarkan analisis data dengan menggunakan metode pengembangan IDI. Hasil diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini dalam bentuk modul atau buku ajar  yang sudah valid sebagai berikut : 1. Validitas pembelajaran berbasis proyek dinyatakan sangat valid, 2. Praktikalitas  pembelajaran  berbasis  proyek  berdasarkan  respon  guru  setelah  melalui  uji  coba dinyatakan praktis, 3. Efektifitas pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dengan setelah menggunakan pembelajaran berbasis proyek setelah  melalui  uji  coba, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai model untuk pembelajaran ekstrakurikuler labor komputer yang dapat meningkatkan aktivitas, kreatifitas dan pemahaman siswa sehingga bisa membawa dampak  meningkatnya  hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan kompetensi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023