All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 1, No 4: Desember 2021

Hubungan Self Concept Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2020/2021

Nurul, Dedek (Unknown)
Saragih, Nurul Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Kemandirian belajar siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang tergolong sangat rendah, salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsep diri(self Concept) siswa jarang mengerjakan tugas yang mengakibatkan rendahnya kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan self concept dengan kemandirian belajar siswa SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. instrumen yang digunakan didalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Penelitian menggunakan populasi sebanyak 120 siswa, sedangkan sampel pada penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling, jadi sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Product Moment, hasil yang diperoleh dengan nilai 0,792 dengan koefisien yang kuat. Dapat disimpulkan bahwa self concept memberikan hubungan yang positif terhadap kemandirian belajar siswa, dimana jika semangkin tinggi self concept yang dimiliki siswa maka semangkin baik kemandirian belajar yang ada pada diri siswa SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2020/2021

Copyrights © 2021