All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Pamah

Hermansyah, Hermansyah (Unknown)
Silalahi, Beta Rapita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan seluruh siswa kelas V SD SWASTA GKPS PAMAH dengan jumlah guru 18 Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang telah diujicobakan sebelumnya menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Sedangkan penguji hipotesis dengan menggunakan uji t independent samples. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model membaca total efektif digunakan pada pembelajaran keterampilan membaca pemahman. Dibuktikan dengan Harga t hitung pada uji perbedaan rata-rata data akhir yaitu 0,564 lebih besar dibandingkan harga t tabel yaitu 0,364, artinya Ha diterima Ho ditolak. sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model membaca total lebih efektif dibandingkan metode penugasan. Keefektifan model membaca total diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru kelas V SD SWASTA GKPS PAMAH untuk menerapkan model membaca total pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penerapan model membaca total diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif untuk pembelajaran bahasa indonesia yang efektif.Kata Kunci: Keefektifan; Model Membaca Total; Keterampilan Membaca; Siswa.

Copyrights © 2022