All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 4: Desember 2022

Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Argumentasi Melalui Problem Based Learning

Tarigan, Fatin Nadifa (Unknown)
Efrizah, Doni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Banyak model pembelajaran yang bisa diintegrasikan untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa. Salah satunya model pembelajaran Problem Based Learning . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia semester 6 tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi mahasiswa yang terbukti dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dari nilai 63 menjadi nilai 84. Tindakan ini mengalami peningkatan sekitar 2%. Berdasarkan hasil wawancara dapat dikatakan mahasiswa juga belajar dengan aktivitas yang baik dan dengan respons yang positif terhadap penerapan PBL. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah pengelolaan pembelajaran menggunakan PBL untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi mahasiswa. Kata Kunci: kemampuan menulis, argumentasi, problem based learning

Copyrights © 2022