All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 4: Desember 2022

Kajian Kinerja Pegawai Kelurahan dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik

Elazhari Elazhari (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Manner Tampubolon (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penulisan ini bertujuan memberikan gambaran sebenarnya tentang kinerja pegawai kelurahan kota medan dalam memberikan pelayanan publik dan memberikan saran alternatif agar selanjutnya dapat diperbaiki dan ditingkatkan kepada yang lebih baik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelayanan publik pegawai kelurahan di kota medan belum dilaksanakan secara baik dengan indikasi: 1) Pelayanan kurang baik dari komunikasi hingga attitud; 2) Proses penyelesaian pengajuan pengadaan dokumen terkait kelurahan lama seperti KTP, KK dan lain-lain; 3) Masih adanya oknum yang minta biaya administrasi pengurusan surat kelurahan; 4) Kepedulian terhadap masalah lingkungan kurang; 5) Kepedulian permasalahan kemasyarakatan kurang. Adapun hasil akhir kajian ini penulis menyarankan tiga solusi yaitu: 1) Peningkatan pengawasan kinerja pegawai kelurahan melalui nomor online kepada petugas yang dibentuk khusus atau sesuai aturan pemerintah; 2) Sosialisasi ketetapan waktu selesai dan biaya pengurusan terkait sistem administrasi di kelurahan melalui baliho atau spanduk yang dipasang besar dikelurahan; 3) Perlu dibuat sistem self service (pelayanan mandiri) berbasis on line sehingga masyarakat tidak langsung datang ke kantor lurah dan dapat pula efisiensi waktu. Kata Kunci : Kinerja; Pegawai; Kelurahan; Pelayanan publik.

Copyrights © 2022