Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI RAFT (ROLE-AUDIENCE-FORMAT-TOPIC) PADA SISWA KELAS VII SMP NASRANI 2 MEDAN

Kesia Saragih (Universitas Prima Indonesia)
Artisda Lestari Damanik (Universitas Prima Indonesia)
Perida Roma Asi Siahaan (Universitas Prima Indonesia)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Strategi ini terdiri dari empat langkah: role (peran penulis), audience (pembaca bagi penulis), format (format penulisan), dan topic (topik penulisan). Strategi RAFT membebaskan siswa menentukan gagasan dalam memilih topik. Selain itu, dalam strategi RAFT siswa juga dibentuk dalam kelompok-kelompok sehingga siswa dapat bertukar pikiran atau curah pendapat dengan anggota kelompok yang lain mengenai topik yang akan dibahas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Prasiklus, Siklus I, Siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, tes, observasi, dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis memakai teknik analisis deskriptif kualitatif serta didorong melalui data kuantitatif. Hasil pengkajian ini menggambarkan jika pelaksaan strategi RAFT bisa mengembangkan keahlian menulis teks deskripsi terhadap peserta didik kelas VII A SMP Nasrani 2 Medan baik dari segi proses pembelajaran menulis teks deskripsi. Peningkatan proses bisa diamati terhadap kegiatan peserta didik untuk menyimak pembelajaran, keaktifan, serta kondisi pembelajaran di kelas kondusif. Hal ini diamati terhadap hasil tes menulis teks deskripsi dari tahap prasiklus, siklus I, sampai siklus II terjadi pertumbuhan. Nilai rata-rata kelas juga mengembang 67,7 siklus I 76,1 dan siklus II 83,8. Dapat disimpulkan bahwa strategi RAFT merupakan salah satu strategi menulis yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...