Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 3 No. 01 (2023): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi di Sman 1 Bongomeme

I Komang Wijaya (Universitas Negeri Gorontalo)
Dewi Diana Paramata (Universitas Negeri Gorontalo)
Dewa Gede Eka Setiawan (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen  dengan desain Post-test Only Control Group Design yang terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol sebagai kelas sampel yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bongomeme. Data yang diperoleh berupa Hasil belajar fisika siswa pada materi gelombang bunyi yang dijaring dengan menggunakan lembar tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Hasil Belajar Fisika peserta didik yang ditunjukkan dengan melalui pembuktian uji hipotesis bahwa nilai ttabel>thitung yang menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik paling rendah sebesar ≤75.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...