Di dalam pembelajaran PJOK sangat memerlukan suatu metode penilaian yang sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator yang tercantum di dalam kurikulum 2013 yaitu penilaian pada aspek perilaku, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu penerapan aplikasi metode penilaian pembelajaran PJOK dengan pokok materi yang disusun sesuai dalam implementasi kurikulum 2013 dan mengetahui tingkat standar teknis sebagai aplikasi penilaian pembelajaran PJOK yang akan menjadi standar penelitian dalam implementasi kurikulum 2013. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu proses analisis yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini berupa aplikasi penilaian PJOK dalam implementasi kurikulum 2013, penilaian lebih sistematis, objektif, efektif dan efisien sehingga mempermudah kinerja guru dengan pelaksanaan penilaian peserta didik secara profesional. Dengan aplikasi ini akan menjadikan penilaian (khususnya penilaian PJOK) yang memiliki standar penilaian yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013.
Kata kunci: aplikasi penilaian, pembelajaran PJOK
Copyrights © 2014