JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS
Vol. 3 No. 01 (2022): Agustus

Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata pada Siswa Kelas 4 SDIT Nurul Hidayah

Rila Melyana Fitri (Universitas Muhadi Setiabudi)
Moh Toharudin (Universitas Muhadi Setiabudi)
Aldi Rizkhi (Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Media pembelajaran menyampaikan informasi tentang pembelajaran dan menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam proses dan tujuan pembelajaran, dan pembelajaran sebagai komunikasi. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. siswa mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 25 Mei 2022 di SDIT Nurul Hidayah Kabupaten Brebes bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan semangat siswa kelas 3 dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan potensi atau pemahaman materi. Peserta didik menggunakan Index Card Match (mencari pasangan kartu). Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ini di kelas 3 IPA mengubah anak-anak menjadi lebih aktif dan bersinergi dengan materi sehingga membuat mereka merasa lebih baik dari anak-anak yang belajar dengan cara konvensional. Karena pembelajaran kartu kata meningkatkan komunikasi dan interaksi guru-siswa, ini membantu mengembangkan pemikiran anak-anak.

Copyrights © 2022