Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere. Penelitian ini dilakukan karena keterampilan motorik halus siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere msih kurang. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang masih belum bisa untuk memberi lem yang cukup pada objek yang akan ditempelkan sehingga lem tidak rapi, seperti keluar dari garis/gambar dan siswa menggunting daun menjadi lebih besar dari yang seharusnya sehingga siswa menjadi asal dalam menempelkan daunya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara dengan menerapkan teknik kolase daun-daunan ini dalam meningkatkan keterampilan motorik halus siswa dan diperoleh hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata sebesar 5, pada siklus II meningkat sebesar 7. Penerapan teknik kolase daun-daunan berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere. Hal ini dibuktikan dalam hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian siklus I dan II
Copyrights © 2023