Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan
Vol. 2 No. 1 (2022)

Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Guru Dalam Penerapan Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid 19

Marisa Prima Putri (Universitas Negeri Semarang)
Agvely Aulia Jasmine (Universitas Negeri Semarang)
Lita Latiana (Universitas Negeri Semarang)
Ali Formen (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Pandemi covid 19 berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Semua jenjang pendidikan wajib melakukan pembelajaran daring dengan menerapkan kurikulum darurat. Banyak kendala yang muncul selama pembelajaran daring, salah satunya komunikasi antara kepala sekolah dan guru yang berdampak pada proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi kepala sekolah terhadap guru dalam penerapan kurikulum darurat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian yaitu keterampilan komunikasi yang dimiliki kepala sekolah akan berpengaruh dalam penerapan kurikulum darurat di lembaga pendidikan. Iklim sekolah yang saling terbuka membantu kepala sekolah dalam berkomunikasi kepada guru dan orang tua murid tentang penerapan kurikulum darurat. Faktor penghambat yang muncul yaitu kesibukan orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dan penggunaan perangkat komunikasi yang terbatas membuat orang tua mengalami kesulitan dalam penyampaian materi kepada anak di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PED

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on the methods and practices of teaching, particularly as academic subjects, theoretical concepts, or in any area of ...