Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model active learning tipe berikan uangnya dengan berbantuan media kertas flipchart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre test dan post test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II, dan 100% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 30% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; (2) Jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 5 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 8 aktivitas sesuai pada siklus II, dan 10 aktivitas sesuai pada siklus III; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,52 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 3,23 dengan kategori baik pada siklus II, dan 3,78 dengan kategori sangat baik pada siklus III; (4) Pada umumnya siswa menyatakan setuju bahwa pembelajaran active learning tipe berikan uangnya dengan berbantuan media kertas flipchart sangat menarik dan membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2018