Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

Nailil Muna (Universitas Syiah Kuala)
Amsal Amri (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Okta Ridha Maulidian (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; serta (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran Word Square berbantuan media komik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Banda Aceh yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre test dan post test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, dan 95% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 60% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; (2) Jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 3 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 5 aktivitas sesuai pada siklus II, dan 7 aktivitas sesuai pada siklus III; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,42 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 3,14 dengan kategori baik pada siklus II, dan 3,51 dengan kategori sangat baik pada siklus III; (4) Pada umumnya siswa menyatakan bahwa pembelajaran word square berbantuan media komik sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...