Journal of Language Education (JoLE)
Vol 2 No 1 (2018): Mei

Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa SDN Keromongan

Inawati . (Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan, serta hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis angket, kebiasaan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan tergolong kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa yaitu 72,83. Sementara itu, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa, secara keseluruhan tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa yaitu 75,86. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis, diketahui nilai rhitung adalah 0,46, sedangkan rtabel adalah 0,361 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan Kecamatan Martapura OKU Timur.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JoLE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Language Education (JoLE) with E-ISSN 2581-1789 aims at providing a forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies ...