Geomath
Vol 1, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Syahrul Anwar (STKIP La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  model  pembelajaran  generatif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, ditinjau dari siswa kategori  self-regulated  learning  (tinggi,  sedang,  rendah).  Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa SMK Darul Fikri Pandeglang, sampel dipilih dua kelas secara acak, yaitu kelas XI  RPL sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI TSM sebagai kelas kontrol. Pengumpulan  data  dilakukan  melaui  tes  dan  non  tes.  Tes  berupa  4  soal  pemahaman  matematis,  sedangkan non tes berupa soal angket self-regulated learning. Pretest diberikan sebagai  tes awal sebelum perlakuan model pembelajaran generatif, sedangkan posttes dilakukan  setelah diberikan perlakuan model pembelajaran generatif.  Hasil yang diperoleh setelah  proses pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan self regulated learning  terlihat adanya  pengaruh  yang signifikan terhadap  Kemampuan Komunikasi Matematis  siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model model  pembelajaran  generatif  dan  self-regulated  learning  berpengaruh  terhadap  kemampuan  komunikasi matematis siswa.  Kata  Kunci:  Pembelajaran  Generatif,  Self  Regulated  Learning  (SRL),  Kemampuan Komunikasi Matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GeoMath

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

GEOMATH is journal that is published twice a year, every May and December. Geomath journal publishes research issues on mathematics education. Author can be lecturer, teacher, researcher, and even student. Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, ...