Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi
Vol 6, No 1 (2023): Maret

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation-Guided Inquiry pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Yollanda Selviana (Universitas Jember)
Sutarto Sutarto (Universitas Jember)
Supeno Supeno (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Abstract:  The purpose of this study was to examine the effect of the GI-GI learning model on the critical thinking skills of students at SMP Negeri 12 Jember. The implementation of this research was due to the rapid development in the education sector so that students needed 21st century skills. One of the skills that was needed especially for students of SMP Negeri 12 Jember was critical thinking skills because students were less active in learning activities. In addition to the importance of skills for students, learning materials must also be mastered, especially science subjects, the subject of energy in living systems which is considered to need to be studied optimally because it is considered quite difficult to understand. The type of research used is an experiment with a non-equivalent control group design. The sample uses two classes, namely class VIIA as the control class and VIIE as the experimental class. The data obtained from the independent sample t-test showed that the sig. (2-tailed) is 0.000, so there is an influence of the GI-GI learning model on students' critical thinking skills.Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 12 Jember. Pelaksanaan penelitian ini disebabkan karena seiring pesatnya perkembangan pada sektor pendidikan sehingga siswa memerlukan keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan terutama siswa SMP Negeri 12 Jember adalah keterampilan berpikir kritis karena siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain pentingnya keterampilan bagi siswa, materi pembelajaran juga harus dikuasai terutama mata pelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan yang dianggap perlu dipelajari secara optimal karena cukup sulit dipahami. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIE sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh pada uji independent sample t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka ada pengaruh model pembelajaran GI-GI berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023