Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 3, No 2 (2022)

KEEFEKTIFAN THINK PAIR SHARE BERPENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA

Firdausita Rizqi Putri Emillya (Unknown)
Wulan Izzatul Himmah (Unknown)
Muhammad Istiqlal (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan pendekatan problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Non Equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Jawa Tengah. Menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih siswa kelas VIII C menjadi kelas eksperimen serta siswa kelas VIII E menjadi kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Problem Solving efektif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...