Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari

ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL MARKETING DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT ONLINE PADA LAZ DT PEDULI SUMATERA UTARA

Santi Arafah (Universitas Potensi Utama)
Jeroh Miko (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Zakat merupakan hal penting bagi sumber dana tetap dan potensial berbasis sosial yang dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan umum bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional marketing dan pelayanan terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat online pada laz dt peduli medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 86 muzakki di LAZ DT Peduli Sumatera Utara. Teknik sampelnya berupa nonprobablity sampling dengan pemakaian purposive sampling yang di analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa emotional marketing dan pelayanan berpengaruh positif signifikan. Variasi faktor berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda bahwa variabelmemotional marketing dan pelayanan mampu menerangkan variasi financial inclusion sebesar 90,3%, Sedangkan sisanya sebesar 9,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mulaqah

Publisher

Subject

Religion

Description

Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima ...