Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kesetaraan gender di SMP Negeri 1 Bolaang Uki. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bolaang Uki, jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang dilakukan ialah pendekatan fenomenologis. Waktu pelaksanaan penelitian selama 2 bulan. Subjek dalam penelitian adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik sebagai subjek. Objek dalam penelitian ini adalah proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kesetaraan gender di SMP Negeri 1 Bolaang Uki. Hasil peneltian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis kesetaraan gender sudah diterapkan pada kegiatan-kegiatan di sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut masih sederhana karena hanya sebatas kegiatan tambahan yang dilakukan oleh sekolah. Faktor-faktor Pendukung Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Kesetaraan Gender terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal yakni kepala sekolah, guru, kurikulum dan materi pelajaran khusus nilai-nilai Kesetraan gender. Faktor Eskternal yakni Orang Tua dan Lingkungan. Solusi yang dilakukan oleh sekolah terhadap kesulitan implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kesetaraan gender yaitu penanaman nilai-nilai pendidikan Islam tentang gender, memberikan pelatihan dan pendalaman materi pendidikan dalam Islam dalam memahami gender serta pembentukan lembaga khusus dalam mengawasi perilaku guru ketika melakukan diskriminasi terhadap kaum perempuan.
Copyrights © 2022