Penelitian ini dilatarbelakangi pengajaran guru di kelas yang masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Kegiatan pembelajaran ini cenderung monoton dan kurang variatif sehingga menciptakan kegiatan belajar yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektifitas penggunaan strategi PBL dan seberapa jauh efektifitas penggunaan strategi PBL terhadap hasil belajar Muthola’ah kelas 2 KMI PM Nurussalam. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif-eksperimen, desain penelitian True Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas 2 santriwati dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 santriwati yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling random. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: terdapat efektifitas strategi pembelajaran PBL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Muthola’ah santriwati kelas 2 KMI PM Nurussalam. Dibuktikan bahwa Sign. (2-tailed) dari Menn-Whitney Test adalah 0,000, dengan demikian terdapat perbedaan nilai post-test pada mata pelajaran Muthola’ah pada kelompok eksperimen dan kontrol, kelompok eksperimen dengan nilai tinggi 92,73 dan pada kelompok kontrol dengan nilai rendah 53,18. Keefektifan penggunaan strategi PBL adalah tergolong tinggi dengan dibuktikan hasil Menn-Whitney bahwa nilai Asymp.sig (2-tailed) adalah 0.000, sehingga terjadi perbedaan nilai post-test pada materi Muthola’ah pada kelompok eksperimen dengan nilai tinggi 92,73 dan pada nilai kontrol dengan nilai rendah 53, 18. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi PBL dalam pembelajaran Muthalaah di MI Nurussalam telah terbukti efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023