EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Peningkatan Kualifikasi Tutor Program Paket A Yang Sesuai Standar Kompetensi Nasional Di Provinsi Yogyakarta

Yeni Rakhmawati (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Handara Tri Elitasari (STAINU Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Abstrak Pendidikan nonformal melalui homeschooling menjadi sebuah trend alternatif gaya belajar masa pandemi covid-19. Tutor pendidikan nonformal diharuskan memiliki kualifikasi pendidikan yang optimal demi penyelenggaraan layanan belajar nonformal. Kualifikasi pendidikan tutor pendidikan kesetaraan masih di bawah dari standar kualifikasi kompetensi nasional. Peningkatan kualitas terhadap kualifikasi program menjadi hal yang urgent karena kualitas pendidikan dapat dilihat dari kualitas pengajar.  Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dan kajian tentang analisis SWOT dengan lingkup kualifikasi tutor program paket A di Yogyakarta. Analisis ini dilakukan untuk dapat memberikan gambaran proyeksi evaluasi dan perencanaan peningkatan kualitas tutor di sekolah non formal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian mix metode (kualitatif dan kuantitatif). Teknik pengumpulan data melalui studi literature, wawancara, dan observasi. Penelitian dilakukan melalui kajian data untuk wilayah provinsi Yogyakarta. Analisis data melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats). Temuan penelitian yakni kualifikasi tutor paket A di Yogyakarta masih belum linier, dibutuhkan evaluasi terhadap kualifikasi tutor paket A, rekomendasi peningkatan kualitas tutor dalam jangka waktu 5 tahun

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...