JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pendampingan Guru Madrasah Diniyyah dalam Melaksanakan Pembelajaran Literasi Al-Qur’an melalui Model PAIKEM

Dinar Nur Inten (Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung)
Helmi Aziz (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung)
Dewi Mulyani (Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung)
Haditsa Qur’ani Nurhakim (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman hidup seorang muslim, maka selayaknya setiap muslim mampu membaca Al-Quran dan memahmi isinya serta mengaplikasikan dalam keseharian. Guru madrasah diniyah sebagai tokoh utama dalam pengajaran Al-Quran dituntut untuk mampu memahami konsep pengajaran literasi Al-Quran dan mampu pula mengaplikasikan pemahamannya dalam bentuk pengajaran literasi Al-Quran yang melibatkan anak, penuh kreatifitas, menyenangkan dan bermakna. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para guru madarsah diniyah tentang model, metode dan media pengajaran literasi al-Quran bagi siswa madsarah diniyah. metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Asset based Community development (ABCD), metode berbasis asset, kekuatan serta mengembangkan potensi yang ada di masyarakat dalam hal ini guru madrasah diniyah. Hasil pengabdian membuktikan melalui pendampingan dan pelatihan yang berkesinambungan dapat meningkatkan pemehaman dan keterampilan guru dalam pengajaran literasi Al-Quran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...