Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 13 No. 1 (2023): Februari

Model Supervisi dalam Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan

Muhammad Syukron (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Diana Riski Sapitri Siregar (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Sita Ratnaningsih (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu, diperlukan kualitas pengajaran guru yang kompeten. Meningkatkan kualitas pengajaran adalah tujuan utama dari supervisi pendidikan. Akibatnya, penting untuk memilih jenis pengawasan yang menerapkan model yang tepat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari berbagai jurnal, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data dari buku dan jurnal kemudian direduksi dengan menelaah seluruh data yang ada kemudian data disajikan dan dibahas, yang terakhir adalah penarikan kesimpulan sehingga menjadi sebuah informasi bagi pembaca. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada lima model supervisi pendidikan yaitu model supervisi konvensional, ilmiah, klinik, artistic, dan perspektif Islam. Sebenarnya, supervisi dapat dilakukan melalui strategi-strategi yang harus digunakan supervisor dengan guru. Sesuai dengan kedudukan profesionalnya, supervisi pengajaran memiliki tugas-tugas tertentu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...