Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 8, No 1 (2023): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2023)

PENGARUH SELF EFFICACY MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MEKANIKA KLASIK DENGAN MODEL POLYA

Kinkin Suartini (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Awaludin Tjalla (Universitas Negeri Jakarta)
Mahdiyah Mahdiyah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Konsep Mekanika Klasik sebagian besar mengkaji materi dengan pendekatan matematis sehingga banyak mengandung perhitungan dengan rumusan turunan dan integral. Masalah yang disajikan dalam Mekanika Klasik supaya relatif mudah dalam penyelesaiannya, maka diperlukan sebuah prosedur pemecahan masalah yang bersifat terstruktur, seperti penerapan model pemecahan masalah Polya. Selain itu, efikasi diri mahasiswa dalam memecahkan masalah Mekanika Klasik juga relatif berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan mereka. Hasil survey pada mahasiswa Program Studi Tadris Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menunjukkan terdapat pengaruh tinggi rendah efikasi diri mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah Mekanika Klasik pada mahasiswa dengan model Polya secara signifikan (U = 50,500 dan p-value = -5,788/2 = -2,894 dimana skor nilai ini lebih kecil dari 0,05  (-2,894 < 0,05) dan Asymp.Sig = 0,000 < 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...