Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session berbantuan Audio Visual terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyat†pada Siswa Kelas V SDN No. 60 Bontoparang, Mangarabombang Kecamatan, Kabupaten Takalar. Penelitian ini akan fokus pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyatâ€. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Rancangan terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis datanya disebut Tes Manova, dan dijalankan pada SPSS versi 21. Tes ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran sesi poster berbantuan audio visual berdampak pada motivasi belajar siswa serta hasil pendidikan bahasa Indonesia mereka. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan motivasi belajar kelas eksperimen rata-rata sebesar 86,00 sedangkan motivasi belajar kelas kontrol rata-rata sebesar 74.000. Perhitungan hasil belajar kelas kontrol menghasilkan rata-rata hasil 75,00, berbeda dengan hasil belajar kelas eksperimen yang menghasilkan rata-rata 82,81. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Poster Session dengan bantuan Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyat†Siswa Kelas V SDN No. 60 Bontoparang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Mangarabombang Kabupaten Takalar.
Copyrights © 2023