Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
2021: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2021

Analisis Penggunaan Metode Mengajar (Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Metode Inquiry, dan Metode Discovery di SMA Negeri 11 Kota Jambi)

Feliza Paramitha Sinaga (Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi Jl.Jambi-Muaro Bulian No.KM.15, Mendalo Darat, Kec.Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi)
Jurhana Jurhana (Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kota Jambi Jl. Sersan Anwar Bay, Bagan Pete, South Jambi, Kota Jambi, Jambi 36129)
Yusrita Yusrita (Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi Jl.Jambi-Muaro Bulian No.KM.15, Mendalo Darat, Kec.Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi)
M. Hidayat (Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kota Jambi Jl. Sersan Anwar Bay, Bagan Pete, South Jambi, Kota Jambi, Jambi 36129)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the implementation of the principles and procedures for the use of teaching methods as well as the types of teaching methods, the advantages and disadvantages of using methods in the learning process, as well as targeted achievements. The method used is a qualitative method. The type of research used is a case study obtained through interviews. The subjects in this study were physics teachers at SMAN 11 Jambi City. The results of this study indicate that there are several types of teaching methods in the classroom such as the demonstration method, the experimental method, the inquiry method, and the discovery method. Where the teacher always makes lesson plans for each semester. Using learning media that can attract students' interest, managing literature, learning resources from books, and other media that are in accordance with learning materials. As well as having teacher skills in managing classes through teaching methods.Abstrak: Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip dan prosedur penggunaan metode mengajar setra jenis-jenis metode mengajar, kelebihan-kekurangan dalam penggunaan metode dalam proses pembelajaran, serta capaian yang tepat sasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualtitatif jenis penelitian yang dipakai adalah study kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru fisika SMAN 11 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis metode mengajar di kelas seperti metode demonstrasi, metode eksperimen, metode inquiry, dan metode discovery. Di mana guru selalu membuat RPP untuk setiap satu semester. Menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, mengelola literatur, sumber belajar dari buku , dan media lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta memiliki keterampilan guru dalam mengelola kelas melalui metode mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prosidingsnfa

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Physics

Description

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas ...