cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
ISSN : 25488317     EISSN : 25488325     DOI : -
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret.
Arjuna Subject : -
Articles 161 Documents
Analisis Kebutuhan Desain Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientifics dalam Mencapai Academic Success Skill Motlan, Motlan; Sinuraya, Jurubahasa; Sinulingga, Karya; Mihardi, Satria
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.261 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16386

Abstract

Abstract:. Learning tools are an important part of a lecture. Consistency in both formatting and quality design becomes an important role. In this study aimed at the development of Scientifics-based device design approach. Improved Academic Success Skill becomes the ultimate goal of application of the resulting device design. The research method used is based on product development. In the research conducted information gathering through questionnaires and needs analysis in various faculties. There are 3 stages in the research through the product observation stage, survey needs analysis, and responsive questionnaire. From the research results obtained that: First, the product produced so far has not been directed to the achievement of Academic Success Skill and arranged in a standard format and intact; Secondly, consistency and standard in producing instructional tools that become the benchmark is felt necessary in supporting the alignment and suitability to support the performance of lectures; and Third, the need for the format and design of standard and specific learning tools on the achievement of Academic Success Skill is expected to materialize in assisting the implementation of more co-ordinated courses. In subsequent developments the model of learning device design is tested in small groups that will be used as information in the improvement and analysis of deficiencies to the resulting product. Abstrak: Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dari suatu pelaksanaan perkuliahan. Konsistensi dalam perancangan baik secara format dan kualitas menjadi peranan penting. Dalam penelitian ini ditujukan pada pengembangan desain perangkat berbasis pendekatan Scientifics. Peningkatan Academic Success Skill menjadi tujuan akhir penerapan desain perangkat yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan berlandaskan pengembangan produk. Dalam penelitian dilakukan pengumpulan informasi melalui angket dan analisis kebutuhan diberbagai fakultas. Ada 3 Tahapan dalam penelitian melalui tahapan observasi produk, survey analisis kebutuhan, dan angket responsif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: Pertama, produk yang dihasilkan selama ini belum terarah kepada pencapaian Academic Success Skill dan tertata dalam format yang baku dan utuh; Kedua, Konsistensi dan standar dalam menghasilkan perangkat pembelajaran yang menjadi patokan sangat dirasakan perlu dalam menunjang keselarasan dan kesesuaian untuk menunjuang kinerja perkuliahan; dan Ketiga, kebutuhan format dan desain dari perangkat pembelajaran yang baku dan spesifik pada pencapaian Academic Success Skill sangat diharapkan terwujud dalam membantu pelaksanaan perkuliahan yang lebih terkoordirnir. Dalam perkembangan selanjutnya model desain perangkat pembelajaran diujikan dalam kelompok kecil yang akan dijadikan informasi dalam perbaikan dan analisis kekurangan terhadap produk yang dihasilkan.
Uji Homogenitas dan Stabilitas Suhu Mini Liquid Bath untuk Kalibrasi Termometer Digital Makanan Indrayani, Liza; Sasono, Margi
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.545 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16418

Abstract

Abstrak: Uji homogenitas dan stabilitas suhu di dalam Mini Liquid Bath untuk kalibrasi termometer digital dalam industri makanan atau Digital Food Thermometer telah dilakukan. Mini Liquid Bath yang akan diuji memiliki bentuk tabung silinder dengan diameter 6.5 cm dan tinggi 13.5 cm. Uji homogenitas suhu dilakukan pada gradien radial dan axial pada silinder bath dengan menggunakan 6 buah sensor termokopel dari sebuah termometer multi channel. Sementara itu, uji stabilitas suhu menggunakan sebuah termometer yang diletakkan pada titik tengah geometris di dalam bath selama beberapa waktu. Selanjutnya, hasil uji ini digunakan untuk menentukan nilai sumbangan ketidakpastian dalam proses kalibrasi termometer digital dengan cara-cara ISO-GUM (International Standardization Organization-Guide Uncertainty Measurement). Berdasarkan hasil penelitian, kondisi stabil pada Mini Liquid Bath diperoleh yaitu pada titik suhu rendah berkisar  dengan ketidakpastian dan suhu tinggi berkisar  dengan ketidakpastian  Hasil uji homogenitas, pada suhu rendah diperoleh ketidakpastian sebesar  dan suhu tinggi diperoleh ketidakpastian . Hasil kalibrasi termometer digital dengan menggunakan Mini Liquid Bath tersebut diperoleh koreksi  untuk suhu rendah dengan ketidakpastian sebesar . Sementara itu, untuk suhu tinggi diperoleh koreksi  dengan ketidakpastian sebesar . Hasil kalibrasi ini dilaporkan dengan tingkat kepercayaan  dan faktor cakupan . Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa pada kalibrasi titik suhu rendah, ketidakpastian pengukuran sangat besar. Hal ini diduga akibat kontribusi signifikan ketidakpastian homogenitas dan stabilitas suhu pada titik suhu rendah.
Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Jiwan Tahun Ajaran 2015/2016 Fatimah, Dewi; Huriawati, Farida; Handhika, Jeffry
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6526.807 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa.Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi untuk analisis data kualitatif, serta tes penilaian kognitif siswa sebagai analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu nilai rata–rata kelas tes siklus I adalah 61,25  meningkat menjadi 77,80 pada tes siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickterbukti dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan.Kata Kunci: Hasil  Belajar, Fisika dan Talking Stick.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Multimedia pada Materi Fisika SMA Kelas X Maria Dewati; Halleyna Widyasari
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.993 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16376

Abstract

Abstract: The use of multimedia in learning is considered necessary today, especially digital-based multmedia, can have a positive impact in the world of education, especially on students and teachers.The purpose of this study designed the evaluation of learning instruments in accordance with the curriculum 2013 based on digital multimedia in the material Physics High School class X semester I in SMAN 51 and SMAN 104 East Jakarta academic year 2017/2018. Type of Research & Development (R&D) research with ADDIE development model (analyze, design, development, implementation, evaluation), validation subjects consist of a curriculum expert, two media teachers, four students for individual trials, ten students for small group trials, and thirty students for lapnography test.Data collection methods used questionnaires.Data analysis technique used qualitative descriptive analysis technique.The result of this research is soft file physics evaluation problem which is packed in flash program. The validity of the instrument is:(1) according to the expert review of the curriculum with good category 82.5%,(2) according to the review of the subject teachers are in good category 87.5%, (3) good 92.5%, (4) based on a good category individual test 84.8%, (5) based on small group good trials 81.5% and (6) field with good category 83.7% Learning evaluation instrument Curriculum 2013 based on digital multimedia is not revised, can be implemented in schools and for further research Abstrak: Penggunakan multimedia dalam pembelajaran dianggap perlu saat ini, terutama multmedia berbasis digital,dapat berdampak positif dalam dunia pendidikan terutama pada siswa dan guru.Tujuan penelitian ini mendesain instrumen evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 berbasis multimedia digital pada materi Fisika SMA kelas X semester I di SMAN 51 dan SMAN 104 Jakarta Timur tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian Research & Development ( R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation,evaluation) ,Subyek validasi terdiri dari seorang ( ahli kurikulum, ahli media), dua guru bidang studi, empat siswa untuk uji coba perorangan, sepuluh siswa untuk uji coba small group, dan tiga puluh siswa untuk uji lapngan.Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah soft file soal-soal evaluasi fisika yang dikemas dalam program flash. Validitas instrumen adalah:(1)menurut review ahli kurikulum dengan kategori baik (82,5%),(2) menurut review guru bidang studi berada pada kategori baik (87,5%),(3)menurut review ahli media dengan kategori sangat baik (92,5%),(4)berdasarkan uji coba perorangan dengan kategori baik(84,8%), (5) berdasarkan uji coba small group dengan kategori baik(81,5%), dan (6) berdasarkan uji coba lapangan dengan kategori baik(83,7%) Instrumen evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis multimedia digital ini tidak direvisi, dapat diimplementasikan di sekolah dan untuk penelitian lebih  lanjut.
Tingkat Kebisingan di Sekolah Sekitar Perlintasan Kereta Api Faradiba Faradiba
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.483 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16366

Abstract

Abstract:. Noise is a sound that can cause discomfort. One of them is rail activity. Noise generated enough to bring negative impacts to the surrounding environment, especially in the school environment.. This research uses descriptive analysis method with cross sectional approach. The location of this research is the school that is right next to the railway crossing i.e. SMA Negeri 37 Jakarta. Noise level data retrieval is performed using a sound level meter applications android-based. The data measured by the instantaneous sound pressure level for 5 minutes, or Leq (5 minutes) for each measurement point. There are 5 point measurements. From the results of measurements at SMA Negeri 37 Jakarta gained an average noise level for 5 measurement point is 70.50 dB. The figure exceeds the threshold if refers to the Kep-48 MNLH/11/1996 to 55,00 dB maximum school environment. Necessary noise control efforts at that school to minimise the negative impact caused. Because of the higher the intensity of noise, the more negative impact, especially for students in the school. Abstrak: Bising merpukan sebuah bunyi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satu yang mengakibatkan timbulnya suara bising yang cukup tinggi adalah aktivitas kereta api. Kebisingan yang dihasilkan cukup membawa dampak negatif bagi lingkungan disekitarnya, khususnya di lingkungan sekolah. penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian ini adalah sekolah yang berada tepat di samping perlintasan rel kereta api yaitu SMA Negeri 37 Jakarta. Pengambilan data tingkat kebisingan dilakukan dengan menggunakan aplikasi sound level meter berbasis android. Data diukur dengan tingkat tekanan bunyi sesaat selama 5 menit, atau Leq (5 menit) untuk setiap titik pengukuran. Terdapat 5 titik pengukuran. Dari hasil pengukuran pada SMA Negeri 37 Jakarta diperoleh rata-rata tingkat kebisingan untuk 5 titik pengukuran adalah 70,50 dB. Angka tersebut melebihi ambang batas jika merujuk pada Kep-48 MNLH/11/1996 untuk lingkungan sekolah maksimum 55 dB. Diperlukan upaya-upaya pengendalian kebisingan pada sekolah tersebut untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Karena semakin tinggi instensitas kebisingan semakin memberikan dampak negatif khususnya bagi siswa di sekolah  tersebut.
Aplikasi Android pada Pembelajaran Fisika: Sebuah Solusi Mutakhir Pembelajaran Fisika di Era Global Syayid Qosim M. Jafar Al-idrus
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.206 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16398

Abstract

Abstract:. The study of physics in the globalization era faces many challenges. One such challenge is that students become less interested in traditional learning. In this era android applications are very popular among teenagers and may be an alternative to this problem. The purpose of this article is to describe the role of android application on physics learning of high school students especially on business material and energy. The method used is qualitative deskrptif. A Likert-scale questionnaire was used to collect data in this study. The object of this research is high school students of class X of Malang city. The result of this research is student response to android 3.60 in good criterion and on physics learning process equal to 3,03 in good creteria. These results indicate that students respond well to android applications used in the process of physics learning in the classroom. Abstrak: Pembelajaran fisika di era globalisasi banyak menghadapi tantangan. Salah satu tantangan tersebut adalah siswa menjadi kurang tertarik dalam pembelajaran yang masih tradisional. Dimasa ini aplikasi android sangat populer dikalangan remaja dan mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk permasalahan ini. Tujuan artikel ini adalah untuk mendiskripsikan peranan aplikasi android pada pembelajaran fisika siswa SMA khususnya pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskrptif.  Lembar angket dengan skala Likert digunakan untuk mengambil data pada penelitian ini. Objek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X kota Malang. Hasil penelitian ini adalah respon siswa terhadap android sebesar 3,60 dalam kreteria baik dan pada proses pemebelajaran fisika sebesar 3,03 dalam kreteria baik. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa merespon baik aplikasi android yang digunakan dalam proses pembelajaran fisika di dalam kelas.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika Lovy Herayanti; M. Fuaddunnazmi; Habibi Habibi
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4516

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to develop learning media based on Moodle to determine the effect on the ability to think creatively prospective physics teachers in the IKIP Mataram. This research includes the development of research that is carried out through four stages to Define, Design, Develop and Disseminate. The subject of the study focused on students in the Department of Physics Education in FPMIPA IKIP Mataram who are following the lecture Physics II, Academic Year 2015/2016. The instrument used in the research is test the ability of creative thinking, observation sheets, questionnaires and interview guidelines. This study was conducted over two years in 2015 and 2016. In the first year of development, has been completed by the design development phase with the final result of the product development media of Moodle that has been validated. The tests showed that the media deserves to be tested. Outcomes achieved in the first year it generates Moodle-based software modifications, publication of scientific articles about the national ISSN Moodle-based learning media, resulting draft teaching materials, and the latter resulting guidebook use of Moodle for faculty and students. In the second year the tests on a wide scale to the results moodle media products that have been developed in the first year on material Basic Physics II. The last stage in this research is the evaluation stage to see the response of students to the media developed. The results of the analysis we concluded that students give positive response to the design, roles, and ease of use Moodle-based learning media in teaching Physics II. Key Word: Media Based onMoodle, Creative Thingking Skills. Abstrak. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis moodle untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif calon guru fisika di IKIP Mataram. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subyek penelitian difokuskan pada mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Fisika di FPMIPA IKIP Mataram yang sedang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar II pada Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan selama 2 tahun, yaitu pada tahun 2015 dan tahun 2016. Pada tahun pertama pengembangan, telah diselesaikan hingga tahap pengembangan desain dengan hasil akhir berupa produk pengembangan media moodle yang telah divalidasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media layak untuk diujikan. Luaran yang dicapai pada tahun pertama dihasilkannya modifikasi software berbasis moodle, dipublikasikannya artikel ilmiah nasional ber-ISSN tentang media pembelajaran berbasis moodle, dihasilkannya draft bahan ajar, dan terakhir dihasilkannya buku pedoman penggunaan moodle bagi dosen dan mahasiswa.  Pada tahun kedua dilakukan ujicoba pada skala luas terhadap hasil produk media moodle yang telah dikembangkan pada tahun pertama pada materi Fisika Dasar II. Tahap terakhir pada penelitian ini yaitu tahap evaluasi untuk melihat respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap desain, peran, dan kemudahan penggunaan media pembelajaran berbasis moodle dalam pembelajaran Fisika Dasar II. Kata kunci: Media Berbasis Moodle, BerpikirKreatif.
Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMA Nugroho Prasetya Adi; Suparno Suparno; Mudilarto Mudilarto; Edi Istiyono; Rattiwizal Alpin Y; Muhammad Zaini; Syayid Qosim M.J.A
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.011 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16388

Abstract

Abstract: This study aimed to: (1) produce Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) which was reasonably for physics learning in SMA, and (2) examine the effectiveness of Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) to increase students Higher Order Thinking Skill (HOTS). This research used R&D methods with 4D models consisting of (1) Define, (2) Design, (3) Developt, and (4) Disseminate. The resulted product is PhysCCTM. The data were colleted by using an evaluation sheet of product, and test of HOTS. The data were analyzed using Aiken V to assess the product quality, and N-Gain analysis. The result of this research produced teaching material PhysCCTM which: (1) was reasonably to increase students HOTS with very good category based on expert, teachers, and good category based the response of students, and (2) effective to increase students HOTS significantly by effectivity on Partial Eta Squared in Multivariate Test with the value is 90,4%. Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) yang layak untuk pembelajaran fisika di SMA, dan (2) menguji efektivitas Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) dalam meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) siswa SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Produk yang dihasilkan adalah PhysCCTM. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran, dan lembar penilaian HOTS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Aiken V untuk melihat kualitas produk dan analisis General Linier Model (GLM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan produk PhysCCTM yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru, serta kategori baik berdasarkan respon siswa, dan (2) efektif untuk meningkatkan HOTS siswa secara signifikan berdasarkan efektivitas pada Partial Eta Square di Multivariate Test dengan nilai 90,4%.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Muadin Wasis Saeful Bahri; Widodo Widodo
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.879 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16420

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran fisika dengan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem Yogyakarta tahun 2017/2018.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan hasil sebesar P=0,000, artinya ada perbedaan prestasi belajar kelas yang menggunakan LKS berbasis CTL dibanding dengan kelas dengan pembelajaran konvensional.Rata-rata nilai N-Gain diperoleh melalui data posttest dan pretest. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,5462 sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,6662. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis CTL yang telah dikembangkan berpengaruh positif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII sehingga LKS berbasis CTL tersebut dapat dikembangkan lebih luas.
Analisis Pemodelan Tinggi dan Waktu Tempuh Gelombang Tsunami di Pesisir Pantai Bengkulu dengan Menggunakan Data Historis Gempa Bengkulu 12 september 2007 Dwi Pujiastuti; Rahmad Aperus; Rachmad Billyanto
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5586.017 KB) | DOI: 10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4506

Abstract

Abstract Tsunami modeling research has been done on the coast of Bengkulu using software L-2008 and Travel Time Tsunami (TTT). Earthquake historical data that used in this research is the earthquake in Bengkulu on September 12, 2007 which is obtained from BMKG and the USGS. This research is aimed to determine the height (run up) and travel time of the tsunami on the coast of Bengkulu as the tsunami disaster mitigation efforts. Tsunami modelling has been done by validate the run up using tide gauge  data in the area of Padang, Muko-Muko, and Kaur.  In this research used magnitude scenario are 8 Mw, 8.5 Mw and 9 Mw. Local tsunami effect observed were 10 areas along the coast region Bengkulu. Tsunami modeling of Bengkulu in September 12, 2007 results the run up value which is close to the run up value of the measurements. From the modelling result obtained that the quickest area impacted by the tsunami is Enggano Island   which is 27  minutes 46  seconds from earthquake.  The highest tsunami run up value is located in the Bengkulu city. The run up values by using the scenario of magnitude 8Mw is  2.07 m, 8.5 Mw is  4.05 m and 9 Mw is 9.83 m. Keywords:   tsunami, modelling, software L-2008, software TTT, run up Abstrak Telah dilakukan penelitian pemodelan tsunami di pesisir Pantai Bengkulu dengan menggunakan software L-2008 dan Travel Time Tsunami (TTT). Data historis gempa bumi yang digunakan dalam penelitian ini adalah gempa bumi Bengkulu 12 September 2007 yang diperoleh dari BMKG dan USGS. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tinggi (run up) dan waktu tempuh gelombang tsunami di pesisir Pantai Bengkulu sebagai upaya mitigasi bencana tsunami. Sebagai validasi digunakan data run up stasiun tide gauge yang berlokasi di Padang, Muko-muko dan Kaur. Dalam penelitian ini dilakukan pemodelan tsunami untuk mengestimasi tinggi run up dan waktu tempuh penjalaran gelombang tsunami menggunakan skenario magnitudo 8 Mw, 8,5 Mw dan 9 Mw. Sebagai titik tinjau digunakan 10  daerah di sepanjang pantai wilayah Bengkulu. Hasil pemodelan menunjukkan  bahwa nilai run up  tsunami  yang diperoleh mendekati nilai run up hasil pengukuran. Daerah dengan waktu tercepat dihantam gelombang tsunami adalah Pulau Enggano dengan waktu tempuh 27 menit dan 46 detik. Run up tertinggi terjadi di  Kota Bengkulu. dengan  nilai run up yang diperoleh adalah 2,07 m untuk skenario 8 Mw, 4,05 untuk skenario 8,5 Mw  dan9,83 m untuk skenario 9 Mw. Kata kunci: :tsunami, pemodelan, software L-2008, software TTT, run up

Page 1 of 17 | Total Record : 161