Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 10, Nomor 2, Mei 2022

FACTORS AFFECTING THE LACK OF STUDENTS OUTCOMES IN LEARNING ENGLISH AT SMP NEGERI 8 SAMPOLAWA

Anggun (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Wa Ode Hanafiah (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Esa Penilta Amiruddin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Sampolawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Sampolawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif subyek penelitian ini terdiri dari 22 siswa pada kelas VIII. Intrumen yang di gunakan pada penelitian ini adalah panduan wawancara. Analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarkan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris berada pada kategori rendah. Ada tiga faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yang bersumber dari faktor luar yaitu: 1) faktor keluarga, termasuk pendidikan orang tua, hubungan antar angota keluarga, atmosfer dalam rumah dan status ekonomi. 2) faktor sekolah, termasuk strategi guru dalam mengajar, fasilitas dan infrastruktur, hubungan siswa dan guru, tingkat kesulitan materi belajar dan atmosfer dalam kelas. 3) lingkungan termasuk partisipai dalam kegiatan social, hungan dengan tetangga dan teman sekelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...