Computer and Informatics Education Review
Vol 3 No 03 (2022): Computer and Informatics Education Review, Desember

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SISTEM BOARDING SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP HIDAYATULLAH BENGKULU

Hafis Ibnu Hajar (Universitas Dehasen)
Jumiati Siska (Universitas Dehasen)
Diah Selviani (Universitas Dehasen)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan sistem boarding school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi di SMP Hidayatullah Bengkulu. Penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif. Penentuan sample pada penelitian ini digunakan teknik sample Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa TKJ. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan butir penyataan angket dengan berjumlah 20 dan soal tes dengan berjumlah 25 soal. Data yang tekumpul dihitung menggunakan rumus T-Test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada variabel X dan variabel Y yang sangat berpengaruh. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan media pembelajaran Game Simulasi yang berpengaruh dengan media pembelajaran langsung (non simulasi).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...