Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Deskripsi Motivasi Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar

Farid Zulfa Faza (Universitas Tanjungpura)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan faktor yang mempengaruhinya pada pembelajaran tematik di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Pontianak Selatan. Hasil penelitian ini bisa dilihat pada hasil lembar observasi berdasarkan indikator motivasi belajar yaitu tekun menghadapi tugas (baik), ulet menghadapi kesulitan (baik), menunjukan minat terhadap masalah-masalah untuk orang dewasa (baik), lebih senang bekerja mandiri (baik), cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin (sangat kurang), dapat mempertahankan pendapatnya (sangat baik), tidak mudah melepaskan hal-hal yang diyakini itu benar (baik), senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal (sangat baik). Terdapat pengaruh yang positif pada faktor internal dan eksternal motivasi belajar siswa ditandai adanya hasrat dan keinginan berhasil yang tinggi dari siswa, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...