Kemampuan yang perlu dimiliki generasi milenial saat ini adalah  problem solving. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk permainan berupa “petualangan gobak sodor” untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ‘mengelompokkan, membandingkan dan menghubungkan’ pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain model Borg and Gall.  Teknik pengumpulan data dipeoleh dari hasil uji validasi ahli dan data uji coba lapangan melalui eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Analisis data dihitung menggunakan uji t (t-test) . Penelitian ini dilakukan pada anak TK B usia 5-6 tahun di Bandar Lampung. Hasil temuan menunjukkan bahwa desain produk permainan tradisional petualangan gobak sodor layak untuk meningkatkan pemahaman anak tentang kemampuan pemecahan masalah. Serta, keefektifan produk terlihat dari data uji coba lapangan pada anak mendapatkan nilai signifikansi 0,05. Artinya produk dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023