Jurnal Pendidikan
Vol 32, No 1 (2023)

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia

Mona Yulita (Universitas Negeri Padang)
Setia Budi (Universitas Negeri Padang)
Megaiswari Biran Asnah (Universitas Negeri Padang)
Zulmiyetri Zulmiyetri (Universitas Negeri Padang)
Safaruddin Safaruddin (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Aplikasi secil adalah media pembelajaran yang berbentuk aplikasi, yang dapat membatu anak dalam mengenal huruf abjad. Sehingga dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi secil dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak disleksia. Kuantitatid eksperimen dengan menggunakan metode SSR (single subject research) dan desain A-B-A. Pada kondisi AI (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 46%, 46%, 46%. Saat kondisi B (intervensi) dilakukan pengamatan dengan nilai 50%, 94,2%, 94,2%, 94,2%. Namun pada kondisi A2 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 94,2%, 94,2%, 94,2%. Berdasarkan dengan hasil analisis data, bahwa sanya hasil penelitian membuktikan aplikasi secil efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...