JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS
Vol. 3 No. 02 (2023): Februari

Peningkatan Santripreneur dengan Tema Penerapan Bauran Pemasaran Bolu Mangrove di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong

Muhammad Amin (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Hendra Setiawan (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Fajri Fajri (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muhammad Ardiansyah (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muhammad Wahyu Novi Ramadan (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Susetyowati Sofia (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Agilistya Rahayu (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat menigkatkan kemampuan berinteraksi mahasiswa. Kegiatan ini kami mengembangkan produk dan penerapan bauran pemasaran pada produk bolu mangrove. Kegiatan melatih Santri dan Santriwati agar memiliki inovasi untuk berbisnis dan jiwa yang mampu bersaing. Santri dan Santriwati Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong akhirnya mengetahui buah mangrove bisa menjadi produk yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam kegiatan ini kami memiliki inovasi yang diharapkan kepada Santri dan Santriwati agar memiliki jiwa Santripreneur. Santri dan Santriawati bisa memahami cara mengembangkan pola pikir yang kreatif agar dapat terciptanya suatu produk yang dapat bersaing di pasaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dilaksanakan selama 1 (satu) hari yaitu pada hari Selasa, tertanggal 20 Desember 2022 di Aula Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Sorong. Pemasaran bolu mangrove menggunkan bauran pemasaran (marketing mix): product, price, place, promotion. Pencapai tujuan pemasaran harus penetapan target pasar, dalam hal ini perlu perencanaan dan pengelolaan yang baik agar bauran pemasaran dapat di jalankan dengan efektif.

Copyrights © 2023