Teknika Sains : Jurnal Ilmu Teknik
Vol 7, No 2 (2022): TEKNIKA SAINS

Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Wali Songo 1 Balongpanggang dengan Metode Service Quality

Achmad Sholachuddin Andrian (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Moch Nuruddin (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Hidayat Hidayat (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Rumah Sakit Umum Wali Songo 1 Balongpanggang merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki pasien dalam jumlah besar. Tujuan penelitian ini adalah dapat menentukan kualitas layanan yang memiliki kesenjangan tinggi terhadap kepuasan pasien, serta mengetahui atribut tingkat kepentingan yang paling tinggi menurut pasien. Dari permasalahan yang ada maka penulis melakukan pengujian terkait peningkat kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality dengan atribut lima dimensi jasa yaitu Tangible, Reliability, Responsive, Assurance, Empathy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik atau pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian melakukan survey dengan cara menyebarkan kuisioner di instalasi rawat inap. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat kepentingan yang paling tinggi tenaga medis menerima dan melayani dengan baik dengan nilai 4,1000. Hasil kuisioner yang disebarkan mendapat 15 atribut diantaranya: Tangible ada 3 atribut, Reliability ada 3 atribut, Responsive ada 4 atribut, Assurance ada 2 atribut dan  Empathy ada 3 atribut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Journal of Teknika Sains aims to provide a forum for national and international academicians, researchers and practitioners on civil and mechanical engineering and related field to publish the original articles. All accepted articles will be published and will be freely available to all readers with ...