Jurnal Bahasa Asing
Vol. 15 No. 2 (2022): Jurnal Bahasa Asing

Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo

Siti Nur Isnaini (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)
Rahayu Aprilianti (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)
Anggiarini Arianto (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)
Ani Sunarni (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang “Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo” pada mahasiswa semester 7 STBA JIA TA 2021/2022. Dalam kegiatan pembelajaran yang berfokus pada pengajar dirasa kurang tepat dalam pembelajaran yang membutuhkan kemampuan siswa dalam berpendapat untuk memecahkan kasus yang diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan (Action Research) dengan metode Case Based Learning (CBL) yang mengutamakan diskusi dalam memecahkan masalah yyang disajikan. Dengan penelitian semi kualitatif dan kuantitatif dihasilkan bahwa penerapan CBL pada mahasiswa memberikan kenaikan rata-rata nilai dalam memahami omotenashi dalam bentuk kasus. Hasil penelitian terjadi kenaikan rata-rata dengan pre-test 65,38, dan Post-test sebesar 83,53. Tanggapan siswa dengan adanya pembelajaran CBL adalah cukup baik dan menarik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jba

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahasa Asing adalah jurnal yang berisi pembahasan-pembahasan sebagai hasil penelitian dengan topik-topik mengenai bahasa asing serta pembelajarannya. Selain itu dapat juga mengenai masyarakat dan kebudayaan yang melatarbelakangi bahasa asing tersebut. Secara rinci fokus dan cakupannya adalah ...