Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Desember 2021)

TRACER STUDY PROGRAM STUDI S1-PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO 2022

Agung, Achmad Imam (Unknown)
Rahmadian, Reza (Unknown)
Achmad, Fendi (Unknown)
Z, M Syariffuddien (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Kualitas layangan pendidikan dapat dilakukan melalui penilaian kinerja program studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan penyusunan laporan Evaluasi Diri sebagai dasar pijakan konsolidasi organisasi dan pengembangan program kegiatan akademik. Salah satu butir evaluasi diri dan isian borang akreditasi ialah mengenai keberadaan lulusan setelah meninggalkan kuliah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian alumni mengenai penyelenggaraan program studi, mengetahui penilaian alumni mengenai mutu layanan program studi; mengetahui penilaian stakeholders atas kinerja alumni, mengetahui lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, dan mengetahui relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan di lapangan pada program studi S1 PTE. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan menggunakan quota sampling. Penelitian kualitatif dilaksanakan untuk menjelaskan, menguji hubungan antar fenomena dan menentukan kausalitas dari variabel-variabel. Hasil tracer study program studi S1 PTE telah menunjukkan bahwa karakteristik lulusan sebagian besar bekerja di bidang pendidikan baik di sekolah maupun lembaga kependidikan sebagai pendidik (52.3%). Input dari lulusan juga menunjukkan bahwa kurikulum/mata kuliah yang mereka dapatkan ketika masih kuliah sangat relevan dengan pekerjaan mereka sekarang, walaupun untuk kedepan perlu ada beberapa kompetensi tambahan terutama softskill yang perlu dikembangkan. Tingkat daya saing lulusan yang ditunjukkan melalui waktu tunggu yang relatif singkat untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Waktu tunggu lulusan program Studi S1 PTE 84.1% kurang dari 6 bulan, artinya tidak perlu menunggu lama bagi lulusan program studi S1 PTE untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Relevansi pekerjaan dengan program studi juga menunjukkan kondisi yang positif dimana sebagian besar lulusan menjadi guru (93.2%) sesuai dengan yang dipelajari selama perkuliahan. Hal tersebut juga didukung tingginya tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja lulusan. Sebanyak 79.1% pengguna menyatakan puas dan 20.9% menyatakan sangat puas terhadap kinerja lulusan program studi S1 PTE.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...