Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2023)

STUDI LITERATUR: KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Laksana, Baghas Elmo Adil (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)
Sumbawati, Meini Sondang (Unknown)
Harimurti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu tugas seorang guru. dalam kegiatan belajar mengajar, siswa mempunyai berbagai macam karakteristik dan perbedaan daya tangkap sehingga guru dituntut untuk inovatif dalam penyampaian materi belajar. Modelpembelajaran kooperatif yang bervariasi dapatmenjadi salah satu pilihan guru dalam penyampaian materi belajar yang lebih inovatif sehingga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan dari studi literatur ini ialah untuk mengetahui diantara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TGT, yang manakah model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini menggunakan Google Scholar untuk memperoleh artikel dari rentang tahun 2015-2020 menggunakan 2 kata kunci yaitu “Penggunaan NHT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk” dan “Penggunaan TGT dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk. Dengan menggunakan kata kunci diperoleh 2160 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran NHT dan diperoleh 2190 artikel yang relevan mengenai model pembelajaran TGT dan kemudian artikel-artikel tersebut dilakukan proses identification, screening, dan eliglibility sehingga didapatkan 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Penggunaan model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran NHT dengan rerata kenaikan 13,5 dengan skor kenaikan tertinggi 20 dan skor kenaikan  terendah 6,57.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...