Global Journal Basic Education
Vol 2 No 1 (2023): Februari

Hubungan Gaya Belajar Visual dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 357 Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo

Pada, Amir (Unknown)
Muin, Awaluddin (Unknown)
Putri, Shintya Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan gaya belajar visual dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 357 Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 357 Waetuwo dan jumlah sampel pada penelitian adalah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Tes sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Gambaran gaya belajar visual dengan rata-rata sebesar 66,56 berada pada kategori baik dan gambaran hasil belajar IPS siswa dengan rata-rata sebesar 77,03 dan pada kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual dengan hasil belajar IPS siswa dengan koefisien sebesar 0,498 dan berada pada kategori hubungan sedang. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 357 Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...