WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 7, No 1 (2022): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2022

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Praktikum Fisika Medan Magnet dengan Model PODE Berbasis Vlab

Yunissa Cesariyanti (Unknown)
Annisa Nurul Fitriani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Annisa Rohmatul Hasanah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Annisa Nurhayati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Riki Purnama Putra (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Rena Denya Agustina (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Adam Malik (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Kegiatan praktikum yang dilakukan secara daring menimbulkan banyak kendala seperti sulitnya akses penggunaan alat laboratorium, terbatasnya objek praktikum secara nyata yang mengakibatkan kurangnya pendalaman materi. Sehingga diperlukan model pembelajaran baru yang sesuai untuk menunjang kegiatan praktikum secara online melalui Virtual Laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PODE (Predict-Observe-Discuss-Explain) berbasis Virtual Laboratory atau VLab terhadap kemampuan berpikir kritis pada kegiatan praktikum fisika medan magnet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan one group pretest-posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata nilai N-Gain pada kelas kontrol ialah sebesar 45.37 dan kelas eksperimen ialah sebesar 64.82 dengan hasil signifikansi berada di atas 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penerapan model pembelajaran PODE berbasis Virtual Laboratory terhadap kemampuan berpikir kritis pada kegiatan praktikum fisika medan magnet oleh mahasiswa pendidikan fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...