Kegiatan praktikum yang dilakukan secara daring menimbulkan banyak kendala seperti sulitnya akses penggunaan alat laboratorium, terbatasnya objek praktikum secara nyata yang mengakibatkan kurangnya pendalaman materi. Sehingga diperlukan model pembelajaran baru yang sesuai untuk menunjang kegiatan praktikum secara online melalui Virtual Laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PODE (Predict-Observe-Discuss-Explain) berbasis Virtual Laboratory atau VLab terhadap kemampuan berpikir kritis pada kegiatan praktikum fisika medan magnet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan one group pretest-posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata nilai N-Gain pada kelas kontrol ialah sebesar 45.37 dan kelas eksperimen ialah sebesar 64.82 dengan hasil signifikansi berada di atas 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penerapan model pembelajaran PODE berbasis Virtual Laboratory terhadap kemampuan berpikir kritis pada kegiatan praktikum fisika medan magnet oleh mahasiswa pendidikan fisika.
Copyrights © 2022