Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskirpsikan pendidikan karakter dalam tokoh utama novel Si Anak Badai karya Tere Liye, 2) mengimplikasikan novel sebagai bahan ajar di SMA untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini menggunakan metode deksirptif kualitatif. Sumber data diambil dari novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Menggunakan pendekatan wacana kritis yang dilihat dari penggalan kalimat yang disesuaikan dengan topik dalam penelitian. Hasil penelitian ini 1) memiliki 10 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari relegius, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab 2) implikasi disesuaikan dengan silabus dan RPP dengan tinjauan KD 3.1. menganalisis nilai novel baik secara lisan maupun tulisan dengan analisis nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Si Anak Badai karya Ter Liye untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini sangat menarik untuk di kaji dan hasilnya bisa diimplikasikan untuk bahan ajar sastra di SMA terkhusus untuk kelas XII semester genap yang sudah disesuaikan dengan kompetensi yang dituju, serta nilai pendidikan karakter yang ada bisa menjadi contoh yang baik untuk berkehidupan di masyarakat.
Copyrights © 2023