Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang

Fiky Hanaunnadiya (Universitas PGRI Semarang)
Mira Azizah (Universitas PGRI Semarang)
Mei Fita Asri Untari (Universitas PGRI Semarang)
Elis Dwi Purbiyanti (SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil dari analisis perencanaan memperoleh hasil data gaya belajar 45% visual, 21% auditori, dan 33% kinestetik. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aspek proses dilakukan dengan penyampaian materi yang beragam melalui video, penjelasan guru , dan praktik. Respon siswa 80% menunjukkan rasa senang dan bersemangat, karena selain mereka dapat belajar dengan apa yang mereka sukai dan mampu, mereka juga belajar dengan apa yang dimampui dan disukai oleh teman-teman yang lainnya. Kemudian hasil dari soal evaluasi sebagai assesmen sumatif 77% siswa tuntas dalam pemahaman materi yang diberikan. Sedangkan 13% lainnya masih membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan dengan kondisi kemampuan belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...