Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana KESIAPAN GURU PENJAS MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR penggerak agar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk nantinya bisa dikaji ulang oleh pemerintah terkait kurikulum merdeka ditahun 2024 nanti. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi, yang melibatkan 4 orang partisipan guru penjas di 4 sekolah dasar penggerak yang ada di kecamatan sumedang utara, dengan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi yang hasilnya guru penjas masih belum siap dalam menghadapi kurikulum merdeka, perlu diadakannya pendampingan khusus untuk guru penjas yang diberikan oleh orang yang memang paham betul bagaimana kondisi guru penjas saat dilapangan, serta pelatihan mengenai penyusunan bahan ajar, praktek dilapangan, serta bagaimana sistem penilaian agar nantinya guru penjas siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, sehingga tujuan dari kurikulum merdeka ini dapat tersampaikan dengan maksimal. (Kesiapan Guru Penjas, Kurikulum, Kurikulum Merdeka)
Copyrights © 2023