Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap Meningkatnya Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan

Alex Sandra Sitorus (Universitas HKBP Nommensen)
Nurliani Siregar (Universitas HKBP Nommensen)
Bangun Munthe (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterkaitan antara Pengaruh kompetensi kepribadian guru pak terhadap meningkatnya minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,44 dengan uji determinasi sebesar 19% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (=0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk=n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (2,18>1,75), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh kompetensi kepribadian guru pak terhadap meningkatnya minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...