JISPE Journal of Islamic Primary Education
Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education

ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO

Rohyana, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model problem based learning berbantuan edmodo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika, serta mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah kelompok berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method berdesain concurrent embeddeddengan metode kualitatif sebagai metode primer. Menggunakan teknik analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, verifikasi) dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) uji ketuntasan menunjukkan z_(hitung) =1,01, z_(hitung )>z_tabel maka hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah mencapai ketuntasan minimal lebih dari 75%. Hasil uji beda diperoleh nilai t sebesar 9,238. Hasil rataan kelas eksperimen 79,10, sedangkan rataan kelas kontrol 71,93. Hasil uji peningkatan diperoleh siswa dengan kriteria tinggi sebanyak 15 siswa, sedang sebanyak 13 siswa, dan rendah sebanyak 2 siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah sebesar 93,3%. (2) Proses berpikir kritis siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah menunjukkan jika siswa telah melalui tahap klarifikasi, assessment, dan inferensi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jispe

Publisher

Subject

Education Other

Description

JISPE Journal of Islamic Primary Education is an electronic journal published by The Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Institut Daarul Quran Jakarta Indonesia, The JISPE journal is dedicated to the study of Madrasah Ibtidaiyah education or Basic Education which focuses on and covers the ...