cover
Contact Name
Hadi Rohyana
Contact Email
jispeidaqu@gmail.com
Phone
+628978380006
Journal Mail Official
jispeidaqu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
JISPE Journal of Islamic Primary Education
ISSN : 27743934     EISSN : 27745619     DOI : 10.51875/jispe.v3i2
Core Subject : Education,
JISPE Journal of Islamic Primary Education is an electronic journal published by The Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Institut Daarul Quran Jakarta Indonesia, The JISPE journal is dedicated to the study of Madrasah Ibtidaiyah education or Basic Education which focuses on and covers the scope of Class Management, Computer Education and Instructional Technology, Curriculum Development, Islamic Education, Psychological Education, Art Education, Foreign Language Teaching, Guidance and Counseling, Mathematics Education, Measurement and Evaluation, Music Education, Science Education, Social Science Education, Special Education, Sports Education. Review processing using the system provided by OJS. It is published twice a year, in July and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Setiyadi, Desi
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.817 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar pada sekolah dasar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berada di kelas IV SDN Mandirancan, Gugus Ahmad Dahlan Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yaitu angket gaya belajar, dokumentasi, dan wawancara kepada 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa dari setiap gaya belajar siswa. Gaya belajar yang digunakan yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian di mulai dengan memberikan angket gaya belajar, kemudian memberikan tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawamcara. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah sampai tahap akhir. 2) Gaya belajar auditori mampu sampai tahap melaksanakan rencana menyelesaikan masalah, namun kurang mampu tahap melihat atau mengecek kembali. 3) Gaya belajar kinestetik mampu sampai tahap melaksanakan rencana menyelesaikan masalah, namun tidak mampu tahap melihat atau mengecek kembali.
WHATSAPP MEDIA ALTERNATIF E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI TENGAH PANDEMIC COVID-19 DI SD FULLDAY DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KETAPANG Siregar, Fitriana
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.932 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.12

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternative e-learning dalam pembelajaran tahfidz di SD Fullday Daarul Qur’an Internasional Ketapang di tengah pandemic Covid-19. Metode dalam penulisan adalah dengan metode deskritptif kualitatif, kemudian dilakukan pencarian data-data yang paling relevan dan utama terkait dengan kajian tentang media alternatif e-learning dalam pembeajaran tahfidz di tengah pandemic covid 19 serta selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Meskipun ditengah pandemic covid-19 yang menyebabkan ustadz/ ustadzah serta siswa /i tidak dapat bertemu dan melangsungkan kegiatan halaqoh seperti biasanya. Proses belajar mengajar tetap bisa berjalan. Sebagai seorang pendidik, ustadz ustadzah di SD full day Daarul Qur’an Ketapang diminta untuk tetap terus menambah pengetahuan, dengan mengikuti beberapa pelatihan yang diselenggarakan pihak yayasan. Untuk mengembangkan diri maupun wawasan mereka. Aplikasi Whatsapp dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran berbasis e-learning dalam masa masa pandemic yang menyebabkan guru dan santri tidak bisa bertemu.
ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO Rohyana, Hadi
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.702 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model problem based learning berbantuan edmodo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika, serta mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah kelompok berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method berdesain concurrent embeddeddengan metode kualitatif sebagai metode primer. Menggunakan teknik analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, verifikasi) dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) uji ketuntasan menunjukkan z_(hitung) =1,01, z_(hitung )>z_tabel maka hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah mencapai ketuntasan minimal lebih dari 75%. Hasil uji beda diperoleh nilai t sebesar 9,238. Hasil rataan kelas eksperimen 79,10, sedangkan rataan kelas kontrol 71,93. Hasil uji peningkatan diperoleh siswa dengan kriteria tinggi sebanyak 15 siswa, sedang sebanyak 13 siswa, dan rendah sebanyak 2 siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah sebesar 93,3%. (2) Proses berpikir kritis siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah menunjukkan jika siswa telah melalui tahap klarifikasi, assessment, dan inferensi.
EFEKTIVITAS CTL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Miftachudin, Miftachudin
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.769 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.14

Abstract

perlu adanya solusi yaitu efektivitas CTL dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Konsep pembelajaran kontekstual melibatkan siswa dalam kegiatan penting yang didalamnya terdapat aktivitas (Contructivism, Inquiry, Questioning, Learning Community,Modelling, Reflection, Authentic Assessment) sehingga dapat membantu siswa mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi atau gabungan, sedangkan teknik pengolahan datanya dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk uji keabsahan datanya adalah uji kredibility, uji transferability, uji dependability, uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan CTL dapat mempermudah guru mengkondisikan pembelajaran di kelas, guru mendapat umpan balik dari siswa berupa tanya jawab, penggunaan media berdasarkan kebutuhan siswa serta efektivitas dalam pembelajaran IPA meningkat dilihat dari hasil belajar siswa yang meliputi kognitif 85, sikap 82, dan psikomotor 83. Dengan nilai tersebut ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai rata-rata ujian semester gasal yaitu 58, dengan KKM 60 dan 65 di delapan sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan serta dukungan dan relevansi dengan penelitian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berhasil diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kedawung
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR Muttaqin, Muhammad Fauzan
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.492 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.15

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji secara spesifik tentang implementasi PPK berbasis budaya sekolah pada SD di Kota Semarang. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif desain penelitian studi kasus, sumber data dilakukan secara purposive sampling, pengumpulan data menggunakan checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Pengujian data mengunakan trianggulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data kualitatif model Milles and Huberman. Implementasi berbasis budaya sekolah dalam mengembangkan tradisi – tradisi unggulan PPK di sekolah telah baik, mengapresiasi kearifan lokal dan menumbuhkan keterampilan abad 21 sudah berjalan dengan sangat baik. Namun, ada sekolah yang belum maksimal menerapkan bimbingan konseling. Langkah-langkah pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah meliputi menyusun jadwal harian/mingguan, mendesain kurikulum 2013, evaluasi peraturan sekolah, pengembangan tradisi sekolah, pengembangan kegiatan kokurikuler, ekstrakurikuler.
PENGEBANGAN PERANGKAT AJAR PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SISWI SEKOLAH DASAR Marzuki, Marzuki
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.139 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v1i1.16

Abstract

Selama ini cara pembelajaran secara face-to-face ternyata memiliki kelemahan. Salah satunya adalah tingkat penerimaan setiap siswa yang berbeda-beda sehingga ada siswa yang mengerti, kurang mengerti dan bahkan tidak sama sekali. Dalam hal ini, perangkat ajar berbasis komputer bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan ini. Di samping itu, perangkat ajar seperti ini juga dapat meringankan beban para pengajar, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan bahan-bahan yang diajarkan bisa dimengerti oleh siswa. Melalui cara belajar dengan menggunakan komputer, pelajaran bisa disampaikan dalam bentuk interaktif dan bisa mengilustrasikan sebuah konsep melalui animasi, suara dan demonstrasi yang atraktif. Metode yang digunakan pengembangan (research and development atau R dan D), desain penelitian menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan strategi eksploratoris sekuensial. Pengembangan aplikasi ini sampai di tahapan design.Hasil penelitian bahwa 1) terbentuknya aplikasi pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. 2) aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP. 3) aplikasi telah diujicobakan dengan 3 browser, yaitu Mozzila Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer. Hasil yang terbukti, aplikasi Pembelajaran IPA yang diakses dengan menggunakan browser Mozilla Firefox dinilai lebih baik dengan kecepatan akses 2, 26 detik dan hasil tampilan yang sangat baik.
KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV Rahayu S, Putri
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 2 No. 1 (2021): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.88 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v2i1.30

Abstract

The SPLDV material which many student considered difficult si that many made mistake in solving the material problem led the researcher to carry out further analysis. Based on this, the purpose of this paper is to describe the student’ mistake in solving SPLDV questions. This study is a descriptive research with qualitative approach. Subjects in this study were students of VIII class in SMP Negeri 1 Salam, Magelang District, with 32 students. data collection was performed by using test and non test instruments. The results of this study show that most students still make a mistake in solving the SPLDV problem. The analysis is done by using the Newman stages. From the results of the study found that at the reading stage students experience errors in reading commands written in the question. In the comprehension stage students can create equations using variables, but does not explain the purpose of the variables used in addition to the students are also wrong in interpreting the intent of the given problem. At the transformation stage students difficulty in the transform contextual problem to the mathematical sentence. At the process skill stage students make error in algebra operations that result in miscalculation so that student answers are wrong. At the encoding stage the student has an error in converting the result into a constextual sentence or making a conclusion.
PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-IJTIHAD KOTA TANGERANG Zubaidi, Zubaidi
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 2 No. 1 (2021): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.319 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v2i1.31

Abstract

This study aims to describe the relationship between creativity and learning style on student achievement in Islamic Religious Education lessons at SMP Al-Ijtihad Tangerang City. The approach used in this research is a quantitative approach with the type of correlation research. The population in this study were students of SMP Al-Ijtihad Tangerang City with a population of 270 people and a sample of 100 people. The data collection technique was carried out with a questionnaire to obtain data on creativity and learning styles, and PAI learning achievement. The analysis used in this research is multiple correlation analysis. The results of this study indicate that (1) There is a positive and significant relationship between creativity and learning achievement of Islamic Religious Education, namely ryx1 = 0.988 with very strong criteria. And creativity has a role of 97.61% on student achievement in Islamic Religious Education lessons; (2) There is a positive and significant relationship between learning styles and student achievement in Islamic Religious Education lessons, namely ryx2 = 0.985 with very strong criteria. And learning styles have a role of 97.02% of student achievement in Islamic Religious Education lessons; (3) There is a positive and significant relationship between creativity and learning style on student achievement in Islamic Religious Education lessons, namely ryx1x2 = 0.989 with very strong criteria. And creativity and learning styles simultaneously (together) have a role of 97.81% of student achievement in Islamic Religious Education lessons.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN PHYSICAL SCIENCE Meilina, Meilina
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 2 No. 1 (2021): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.769 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v2i1.32

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of learning methods and interest in teaching on the understanding of physical science in first grade elementary school children in Pasaman Regency 2020. The research method used the experimental method with a 2 x 2 factorial design. The data analysis technique used two-way ANAVA and Tukey's test with a significance level of α = 0.05. The results of this study indicate: 1) The understanding of physical science of children who are taught by the discovery learning method is higher than that of children taught by the project-based learning method (= 21,70 > 3.97), 2) There is an interaction between learning methods and learning interests. towards understanding physical science (= 44,03 > 3.97), 3) Understanding of physical science groups of children with higher learning interest was taught by the discovery learning method than the project base learning method (= 17,53 > 3.96), 4) Physical science understanding of groups of children with low learning interest is taught by the discovery learning method than the project-based learning method (= -5.12 <3.96).
PENGARUH BERMAIN SENI KRIYA DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP PEMAHAMAN GEOMETRI Ilhami, Akmillah
JISPE Journal of Islamic Primary Education Vol. 2 No. 1 (2021): JISPE Journal of Islamic Primary Education
Publisher : Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.337 KB) | DOI: 10.51875/jispe.v2i1.33

Abstract

ABSTRACT The purposes of this research were to know the effect of playing art-crafts and visual-spatial intelligence toward children's geometry understanding of kindergarten B (average age of 5 until 6 years). The method in this research used experimental research with treatment design by level 2x2. The sample of this research were 120 students. The procedure of collecting data used stratified multistage cluster random sampling technique. Analysis data in this research used two-way ANOVA. The results of this research were: 1) The geometry understanding of children who given playing the art of origami craft has a higher impact than who playing the art of collage craft (Fhitung = 7,78 > Ftabel = 3,97); 2) There is an interaction effect between children that given playing art-crafts and visual-spatial intelligence toward their understanding of geometry (Fhitung = 14,15 > Ftabel = 3,97); 3) The geometry understanding of children who have high visual-spatial intelligence given playing the art of origami craft have a higher scores impact than children who given playing the art of collage craft (QhitungA1B1-A2B1 = 6,55 > Qtabel = 3,74); and 4) The geometry understanding of children who have low visual-spatial intelligence given playing the art of collage craft have a higher scores impact than children who given playing the art of origami craft (Qhitung A1B2-A2B2 = 0,97 < Qtabel = 3,74)).