ABSTRAKPariwisata Jaman Milenial, merupakan trend terkini yang wajib dikemas dengan baik,mengingat sumber daya yang ada di Indonesi sangatlah banyak, terutama mengangkat kearifanlocal/Local Genius yang ada ditiap-tiap daerah tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuanuntuk menghasilkan model pemberdayaan local genius sebagai daya tarik wisata milenial gunameningkatkan pembanguan ekonomi Desa Gumbrih. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan diDesa Gumbrih dan untuk pengambilan data penelitian, dan lokasi yang dipilih untuk mewakilipelaku pariwisata, serta kearifan local dan kaum milenial yang ada di wilayah tersebut. Penelitimenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pariwisata serta dikaji dengan teori trihita karana, teori motivasi, dan teori kepemimpinan. Data dikumpulkan dan dianalisis secaraparticipant-observation, wawancara, dan sebagai hasil penelitian ini dapat disajikan bahwa; LocalGeneious memiliki score 3,6 yang menunjukkan bahwa Faktor-faktor penentu daya tarik wisatadari sudut pandang Local genius di Desa Gumbrih perlu diperhatikan dan dibangun dengan baik,Destinasi memiliki score 3,4, berarti daya tarik pariwisata dari sudut pandang wisatawan di desaGumbrih perlu mendapatkan perhatian untuk dikelola dengan baik, Produktivitas Objek Wisatamemiliki score 2,9 yang berarti bahwa Sarana dan prasarana, inprastruktur dan pengelola yangmendukung kegiatan pariwisata di Desa Gumbrih perlu ditingkatkan dan dibangun dengan baik,Pemasaran memiliki score 2,9 yang berarti bahwa product, people, process, dan Physical Evidenceperlu diperhatikan dan dikelola dengan baik agar memenuhi standar pariwisata, minat Kaummilenial memiliki score 3,8 yang berarti bahwa Desa Gumbrih sebagai pilihan kaum milenial untukdapat berwisata.Kata Kunci: Lokal Geneious, Destinasi, Produktivitas Objek Wisata, Pemasaran, Kaum milenial
Copyrights © 2020