ABSTRAKBahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari. Hal ini tidakterlepas dari posisi Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional. Di Indonesia, BahasaInggris dipelajari sebagai bahasa asing. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL)maksudnya adalah bahasa Inggris diajarkan pada pembelajar di negara-negara di manamayoritas penduduknya tidak berbicara bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Oleh sebabitu, pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia dikategorikan sebagai pembelajar EFL. Ketikaberada pada tingkat tata Bahasa dalam mempelajari Bahasa Inggris, pembelajar EFL inimerasa bahwa tata Bahasa merupakan bagian tersulit karena mereka harus menghafalkanberbagai rumus tata Bahasa (Tenses) yang ada dalam Bahasa Inggris. Para pengajar BahasaInggris pun mencari berbagai metode agar pembelajar lebih mudah memahami materi tataBahasa ini. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini diuji metode Silent Waydengan memanfaatkan alat permainan Lego sebagai media pembelajaran Simple PresentTense untuk pembelajar EFL. Alat permainan Lego ini dipilih sebagai pengganti media rodsyang biasanya digunakan dalam metode silent way. Metode silent way ini adalah satumetode yang memberikan kesempatan yang lebih banyak pada siswa untuk melakukanpraktek bahasa dimana peran guru hanya sebagi fasilitator. Dalam penelitian ini akandiselidiki tahapan penggunaan alat permainan Lego sebagai media pembelajaran SimplePresent Tense untuk pembelajar EFL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifmenggunakan teknik penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimanamasing-masing siklus terdiri dari tahapan perancangan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi.Kata Kunci: Metode Silent Way, Lego, Simple Present Tense
Copyrights © 2021