Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Erlinda Zebua (Universitas Nias)
Anugerah Tatema Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan minat belajar siswa, untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran blended learning serta mengetahui upaya-upaya mengatasi kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning di SMA Negeri 1 Gunungsitoli dilaksanakan dengan cara membagi siswa dalam setiap kelas menjadi dua shift yang masing-masing siswa memiliki jadwal pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh. Kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran blended learning adalah kurangnya pemahaman siswa tentang materi ketika belajar dirumah, masih ada siswa yang tidak memiliki smartphone, ketika paket internet dan jaringan terganggu, serta pada saat pembelajaran tatap muka kurangnya waktu belajar. Upaya-upaya mengatasi kendala yakni dengan melaksanakan diskusi dan menjelaskan kembali materi pada saat tatap muka, siswa yang tidak memiliki smartphone dapat mengambil materi dan tugas disekolah, ketika paket internet habis siswa menggunakan hotspotĀ  untuk membuka Google classroom serta ketika jaringan terganggu guru menambah tenggak waktu untuk mengirim kembali tugas di google classrom, dan untuk waktu yang tidak mencukupi guru melanjutkan penjelasan tentang materi dan pertanyaan pada pertemuan tatap muka selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...