JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together

Mora Fatma (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Molli Wahyuni (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa SD Negeri 018 Ujungbatu pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena guru mengunakan metode yang kurang variasi yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan siswa tidak memahami materi atau tugas yang diberikan guru. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk ,mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus nya dilaksanakan 2 kali pertemuan,. Penelitian dilakasanakan pada siswa kelas IV B SD Negeri 018 Ujungbatu Batam. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik obeservasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan dapat dilihat dari rata-rata sebelum tindakan 66,8 dengan persentase ketuntasan belajar 52,00%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklsu I 70,45 dengan persentase ketuntasan belajar 68,18%, dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II 82,27 dengan persentase ketuntasan 81,82%. Jadi pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan dengan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 018 Ujungbatu .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...